V.Unbeatable : Acrobatic Dance Group Yang Menginspirasi


Setiap orang pasti punya idola sendiri baik di ajang pencarian bakat ataupun di kehidupan sehari-hari. Dalam America's Got Talent 2019, ada idola baru yaitu  grup akrobatik dance dari Mumbai, India yang mampu mencuri hati masyarakat dunia karena latar belakang kehidupan mereka dan tarian mereka yang seperti film action India :D
Berikut 10 Fakta tentang V.Unbeatable, Sang Juara AGT Champion 2020.

1. V.Unbeatable Berasal dari Perkampungan Miskin dan Kumuh
V.Unbeatable adalah grup dance dari Mumbai, India. Mereka bukan hanya grup dance, tapi juga dance dipadukan dengan  gerakan akrobatik yang  mampu memacu adrenalin. Melihat aksi mereka seperti melihat pertandingan adu pinalti sepak bola..hahaa *I am a hardcore fan..
Kebanyakan dari anggota mereka hidup di kawasan miskin dan kumuh. Selain sesak, kawasan itu juga sangat kotor,  listrik tidak memadai, bahkan dalam satu ruangan sering dihuni 7 hingga 10 orang.
"Sangat berat untuk bertahan disana. Setiap hari kami berdoa untuk kehidupan yang lebih baik, tapi di perkampungan itu sangat kecil kesempatannya. Saat kami menari, kami bisa melupakan sejenak beban pikiran ini dan merasa bebas," kata salah satu anggota V.Unbeatable.


2. Huruf 'V' adalah Penghormatan untuk Almarhum Vikas
Nama asli grup ini adalah Unbeatable (Tak Terkalahkan). Huruf V ini untuk mengenang almarhum Vikas Gupta, salah satu pendiri grup ini, yang meninggal akibat kecelakaan saat latihan. Vikas terjatuh saat latihan, yang menyebabkan lumpuh dari leher ke bawah sebelum akhirnya meninggal beberapa minggu kemudian.
Karena itulah nama Vikas ditulis di belakang kostum mereka.

Almarhum Vikas Gupta

Pemimpin dan pendiri grup ini, Om Prakash Chauhan, bilang "Apapun yang saya pelajari dari dance ini karena dia, Vikas dan saya memulai grup Unbeatable dengan mengajari anak-anak kampung di sela-sela waktu senggang kami."
Setelah Vikas meninggal, Unbeatable menjadi berantakan. Hingga akhirnya ayah Vikas datang mengunjungi Om Prakash untuk meminta maaf karena tidak mendukung anaknya menari. "Ayah Vikas lah yang menyemangati saya untuk menari lagi, sehingga saya bisa mewujudkan impian Vikas."
Om Prakash (tengah) dan tim

2. Tiap Anggota V.Unbeatable Mengalami Kesulitan Keuangan 
"Ada salah satu anggota yang bekerja sebagai kondektur bus sekolah. Dia menyisihkan waktu jam 3 hingga jam 4 sore untuk berlatih. Sanjay ke sekolah sambil jualan bunga hiasan dengan ayahnya. Tiap sore dia membuat alasan agar bisa datang ke Naigaon berlatih dengan kami," kata Om Prakash.
Om Prakash mengingat sebuah kejadian saat latihan, "Saat Suraj ketahuan tertidur saat latihan, saya berteriak kepadanya. Dia hanya diam mendengarkan."
Di pagi hari, Suraj bekerja sebagai loper koran, siang harinya menjual baju di jalanan dan baru sorenya dia datang berlatih menari.
"Bukan salahmu kalau kamu berteriak kepadaku, tapi apa yang bisa aku lakukan? Lalu kapan tidurku?" Suraj bilang pada Om Prakash setelah berlatih. 
"Saya sangat menyesal berteriak kepadanya. Dia bahkan tidak punya sepatu ataupun sandal di kakinya." tambah Om Prakash.

4. Dance Plus Season 4 
V.Unbeatable mulai terkenal saat mengikuti ajang pencarian bakat Dance Plus India season 4 di tahun 2018 dan berakhir di posisi ke-4. Sejak mengikuti kompetiti ini, kesempatan mulai terbuka lebar. Video mereka mulai di unggah di sosial media dan mereka membuat Facebook page sendiri.

V.Unbeatable saat ikut Dance Plus 

Sebelum ikut Dance Plus, V.Unbeatable muncul di reality show Color TV : India Banega Manch.

5. America's Got Talent Mengundang V.Unbeatable untuk Ikut Audisi
Awalnya Om Prakash menerima email dari AGT yang meminta V.Unbeatable ikut audisi di California. Segera Om Prakash menghubungi Rohit Jadhav, rekan lama yang seorang koreografer, untuk membantunya mengikuti kompetisi AGT 2019. 
Karena tidak punya uang untuk ke Amerika dan tidak punya Visa, AGT menawarkan untuk membayar biaya mereka dengan catatan jika mereka gagal audisinya, maka mereka harus mengembalikan uangnya. Mereka tidak mendapat dukungan penuh dari keluarga, karena dianggap tidak setimpal dengan uang yang dikeluarkan jika mereka gagal. Hasilnya terbukti, tidak hanya mampu memukau juri dan penduduk Amerika, namun V.Unbeatable mampu mencuri hati penonton di dunia. 
"Kami hanya punya waktu 10 hari untuk persiapan. Kami berlatih 16 jam sehari. Saya jual sepeda saya, cari pinjaman ke teman, dan mendaftarkan paspor anggota grup. Saat saya melakukan wawancara untuk visa, saya lakukan semaksimal mungkin," kata Om Prakash.

6. Golden Buzzer dari Dwayne Wade - America's Got Talent 2019
Dwayne Wade sangat terpukau dengan penampilan V.Unbeatable. Dia bilang, "Jantungku berdetak dengan cepat yang tidak pernah saya rasakan sebelumnya. Saya tahu latihan itu menguras waktu, saya tahu bagaimana pengorbanannya." Dengan golden buzzer ini, V.Unbeatable langsung melaju ke babak perempat final.
V.Unbeatable Golden Buzzer AGT 2019

7. Kemarahan Fans karena V.Unbeatable Menempati Urutan ke-4 di AGT 2019
AGT 2019 dimenangkan oleh Kodi Lee, penyanyi autis tunanetra yang sensasional. Posisi ke-2 ditempati grup vokal DYC (Detroit Youth Choir), posisi ke-3 Ryan Niemiller sang komedian dan ke-4 V.Unbeatable.
Banyak penonton kecewa, dimana V.Unbeatable diprediksi seharusnya masuk dua besar tapi harus pulang dengan urutan ke-4. DYC dan Ryan Niemiller dinilai tidak lebih baik dari V.Unbeatable. 


8. America's Got Talent Champions

V.Unbeatable kembali mengikuti kompetisi AGT Champions 2020. Grup ini mendapatkan Golden Buzzer dari Howie Mandel, sehingga mereka langsung ke babak final.
V.Unbeatable Golden Buzzer AGT Champion 2020

9. Pertunjukan V.Unbeatable Tanpa Kritik dari Juri AGT 
Selama pentas, V.Unbeatable tidak pernah mendapat kritik dari juri. Bahkan Simon Cowell yang biasanya bicara pedas menjadi tampak kalem. Howie Mandel bahkan menyampaikan pertunjukan V.Unbeatable adalah yang terbaik sepanjang dia menjadi juri.

10. Juara di AGT Champions 2020
Sebelum pengumuman pemenang, V.Unbeatable tampil bersama drummer Blink 182 Travis Barker. Keduanya tampil sensasional dan penuh semangat. 
Hingga tibalah pengumuman pemenang AGT Champions 2020. Posisi dua besar ada V.Unbeatable dan Duo Transcend, dimana  V.Unbeatable lah yang memenangkan kompetisi ini. Terbayar sudah kesedihan mereka dan fans karena tersingkir di AGT 2019 dengan hanya menempati posisi ke-4. Kini mereka menyandang gelar "World Champion", mendapatkan piala dan uang $25,000.


Selamat V.Unbeatable, usaha keras benar-benar tidak mengkhianati hasil!! 

Komentar

Postingan Populer